Rabu, 23 Januari 2019

Cara Alami Agar Rumah Bebas Semut Tanpa Obat Beracun

Cara menghilangkan semut di rumah
Cara menghilangkan semut di rumah via stemcellglobal.org

Banyak Bunda-bunda yang kesel, karena dapurnya selalu didatangi semut. Meskipun berbagai cara telah di lakukan untuk membasmi serangga berkoloni ini, tapi tetap saja semut-semut ini akan datang lagi.

Nah, kali ini Referensi Rumah akan membagikan tips alami mengusir semut agar dapur dan seisi rumah kita bebas dari semut.

Bahan dapur yang murah dan bebas racun bisa menjadi solusi efektif dan efisien mengusir semut. Baca tipsnya di sini dan temukan aroma pengusir semut alami.

Cara basmi semut yang alami merupakan solusi yang dianjurkan untuk diterapkan di rumah karena semut biasanya ditemukan di area di mana kita makan atau menyimpan makanan, seperti dapur dan meja makan. Selain itu menjaga kebersihan rumah tetap merupakan langkah pencegahan yang terbaik.

Segera bersihkan meja dapur setelah selesai memasak dan meja makan usai makan, lap dengan cairan pembersih semacam Cif Spray Pembersih Serbaguna untuk memastikan tidak ada minyak dan noda tertinggal.

Mengepel lantai juga merupakan cara mengatasi semut yang ampuh, sebaiknya lantai dipel secara rutin dengan pembersih yang sekaligus berfungsi sebagai disinfektan, seperti Wipol.

Cara alami mengusir semut dengan bahan sehari-hari

Cara ampuh mengusir semut ternyata bisa hanya menggunakan bahan-bahan dapur atau bahan alami yang tidak beracun. Di bawah ini beberapa cara mengusir semut yang aman diterapkan di rumah:

Kopi
Taburkan sedikit ampas kopi di tempat Anda menemukan semut atau di jalur barisan semut. Kopi menetralkan bau yang disukai semut dan aroma kopi itu sendiri tidak disukai semut. Metode ini tidak membunuh semut, tapi cukup untuk mengusirnya. Tentu saja Anda perlu memakai ampas kopi tawar, bukan ampas kopi manis.

Kapur
Buat garis tak terputus dengan kapur tulis di sekeliling jendela dan pintu masuk untuk mencegah semut dari luar masuk ke rumah. Anda juga bisa membuat garis kapur di sekitar tempat penyimpanan makanan yang tersembunyi, misalnya di kaki meja makan dan kaki lemari makanan.

Mint
Campurkan beberapa tetes minyak mint ke dalam air, semprotkan ke area tempat semut senang berkeliaran. Ini juga salah satu aroma yang dibenci semut.

Jeruk nipis
Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan penciuman dan daya orientasi semut sehingga membuatnya kabur. Belah jeruk nipis dan peras, kemudian campur perasannya dengan sedikit air dan semprotkan di sudut-sudut lemari dapur. Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke cairan pembersih lantai dan pembersih dapur, atau lebih mudahnya pilih aroma jeruk lemon untuk pembersih rumah.

Bedak bayi
Ini merupakan solusi murah dan ampuh mengusir semut. Cukup taburkan sedikit bedak bayi di titik-titik masuk rumah seperti jendela dan pintu.Kayu manis. Satu lagi aroma yang sedap bagi manusia tapi tidak disukai semut, kayu manis. Taburkan sedikit kayu manis bubuk di sudut laci atau lemari dapur tempat menyimpan bahan makanan untuk mencegah semut datang.
cara menghilangkan semut di rumah

Cara membasmi semut di sarangnya

Jika semua cara pencegahan sudah Anda lakukan dan semut masih berkeliaran, coba temukan sarangnya di sekitar rumah. Atasi masalah semut langsung dari sumbernya dengan membubarkan koloninya dan menghilangkan sarangnya.

Berikut ini beberapa cara yang efektif:

Air panas
Sebenarnya air panas saja sudah cukup untuk membunuh semut, tuangkan langsung ke sarang semut dan bersihkan sisa-sisa sarang.

Cuka
Bau menyengat cuka sangat dibenci semut. Jika menemukan sarang semut di rumah, tuangkan setengah liter cuka (yang murah saja) atau tergantung ukuran sarang. Ini merupakan metode yang efisien karena semut akan enggan kembali ke sarang lamanya yang sudah berbau cuka.

Mencegah kehadiran semut seharusnya lebih diutamakan daripada mengusirnya. Menjaga dapur dapur dan sekitar tempat penyimpanan makanan selalu bersih membantu mencegah kawanan semut berkeliaran di rumah Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar